Selasa, 09 Januari 2018

Teknik Sipil ... Apa Itu ???

Teknik Sipil ... Yoooayooo udah pada pernah dengar belum dengan kalimat ini. Yuppsss bagi sebagian khalayak umum mungkin sudah tidak asing lagi dengan kalimat tersebut namun tak jarang juga kita mendengar ada orang-orang yang masih jarang mendengar kalimat ini. bagi mahasiswa khususnya yang berkuliah dibawah naungan fakultas teknik tentunya kalimat ini gag asing lagi, iya gag sih ??? secara Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan favorit yang ada hampir disetiap kampus-kampus ternama.

Sippppp deh ... selanjutnya untuk melepaskan rasa penasaran kalian yang membuka postingan ini, saya akan menjelaskan secara gamblang apa itu Teknik Sipil, bukan menurut para pakar, ataupun dari buku-buku teori nan tebal tetapi dari kesimpulan saya sendiri selama saya berkuliah di Jurusan tersebut,, Kuy dibaca dibawah ini ... ☺

Secara garis besarnya saya dapat simpulkan Teknik Sipil adalah ilmu yang merancang, mendesain dan membangun suatu konstruksi. dimana konstruksi ini dapat diartikan sebagai bangunan gedung mulai dari rumah berlantai satu hingga gedung pencakar langit bak Burj Al Khalifa di Jazirah Arab sana. mulai dari bangunan kayu, beton hingga rangka baja. Juga jembatan-jembatan yang melintasi sungai-sungai, Jembatan layang guna keperluan transportasi untuk mengatasi kemacetan, pelabuhan, jaringan irigasi, drainase hingga jalan raya. 

Dalam ilmu Teknik Sipil tidak hanya dipelajari bagaimana caranya tentang merancang, mendesain dan membangun tetapi dibahas juga aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam membangun suatu konstruksi seperti halnya : mutu bahan, waktu pengerjaan dan mutu bangunan. 

Dapat dikatakan tanpa adanya Ilmu Teknik Sipil dan para Insinyur Sipil dunia ini akan kosong melompong, ibarat gurun sahara yang hampa ,,, mengapa ?? tentu saja karena tanpa kami tidak ada bangunan yang dapat berdiri dengan kokoh. semua konstruksi yang ada di bumi ini merupakan hasil karya para Insinyur Sipil, jadiiiiiiii udah taukan apa itu Sipil ?? kami tidak hanya harus mampu berhitung bergulat dengan matematika dan fisika namun juga harus mampu memperhatikan estetika dan nilai ekonomis dari suatu konstruksi. 

Intinya ... Teknik Sipil itu adalah ilmu dimana kita mempelajari tentang berbagai macam konstruksi mulai dari desain dan perancangan hingga selesai konstruksi itu dibangun dilanjutkan hingga perawatan dan perbaikan apabila dimasa yang akan datang terjadi sesuatu dengan konstruksi tersebut. 

Jadiiiii ... bagi yang selama ini berpikir bahwa teknik sipil itu adalah jurusan kuliah yang begitu tamat langsung bisa jadi Pegawai Negeri Sipil ,,, Upsss maaf maaf yaaa anda salah 100 %. memang sih ,,, lulusan teknik sipil bisa jadi PNS tapi yaaa sama dengan jurusan lainnya harus mengikuti tes dulu. karena antara Teknik Sipil dan Aparatur Negara atau Sipil tidak ada hubungannya, kalau menurut saya sih sipil disini maksudnya karena kami membangun sarana prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat sipil  sehingga pada jurusan ini disematkanlah nama Teknik Sipil.

Sippppp ... Sekian dulu yaaaa postingan kali ini.
Jangan Bosan-bosan kembali dan membaca postingan lainnya yaaa & tinggalkan komentar anda dikolom komentar ...
Sekiannnn ... Salam Musafir Senja ... :) :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar