Jumat, 17 Juni 2016

CHMTS #13 : Perencanaan Tugas Besar Bangunan Sipil Jalan

Anak Sipillllllllllllllllllllllllllllllllllllll ... Mana Suaranya ???
Mana ??? Kok pada gag kedengaran sih ??? #yaaiyalaaahhh ... org pada ngejawab didepan layar laptop masing-masing mana sampe suaranya kesini ,,, gimana sih ??? #Abaikanini !!!

Lanjutttkan ... jumpa lagi ya sama saya si mahasiswa teknik sipil dalam catatan harian yang udah sampai episode ehhh jangan episode dong, ini-kan bukan sinetron yang aneh-aneh yang jumlah episodenya sampai ribuan, gimana kalau dibilang lembaran aja ,,, okeee yaaa ... lembaran yang ke-13.

Kalau ini saya mau ngebahas tentang perencanaan, bagi yang belum tahu apa itu perencanaan bisa dicek disini yaaaa ... . Alhamdullilah, semester ini saya ngambil dua tugas besar perencanaan. yang pertama itu perencanaan gedung dan yang kedua itu perencanaan jalan raya atau yang sering disebut dengan tugas besar perencaan jalan.

Okeee .. untuk lembaran ini saya fokus ke yang ke-2 yaaa ... yaitu perencanaan jalan. untuk bisa ngambil tugas besar ini, kamu harus udah melalui beberapa matakuliah, antara lainnya adalah : Rekayasa Lalulintas, Geometri Jalan Raya, Bahan Perkerasan dan Perkerasan Jalan Raya. dengan mengambil matakuliah-matakuliah itu setidaknya kamu udah punya bekal sedikit banyak untuk merencanakan suatu jalan.

Yang namanya perencanaan itu kita harus menganalisa-nya semuanya dari nol, yaaa ... memang ada data-data soal yang diberikan dosen pembimbing, namun semuanya mengenai perencanaan desain kita harus membuatnya sendiri dari nol, dan ini semua dimulai dari .............................

Kertas Kontur yang ukurannya melebihi meja belajar saya, ukuran kertas kontur ini kami sebut A0, saya rasa ini ukurannya lebih deh 1x1 m , mungkin ada 1,5x1 m. kertas kontur ini berisi peta topografi yang udah diberikan titik A dan titik B sebagai awal dan akhir dari jalan yang direncanakan. titik A dan titik B ini diberikan oleh Dosen Pembimbing dan berbeda antara satu mahasiswa dengan yang lainnya.

Dikarenakan kertas ini lebih besar dari meja belajar, makanya setiap berhubungan dengan kertas kontur ini saya melantai, alias mengerjainnya di lantai, agar bisa digambar-gambar ini kertas. diatas kertas ini kita harus mencari titik-titik koordinat, membuat rencana jalan, tikungan dan perpotongan jalan untuk nantinya digambarkan cross dan long sectionnya.

Kalau udah selesai urusan sama si kertas A0, maka selanjutnya kita akan merencanakan tikungan, tikungan apa yang cocok digunakan dan ada berapa tikungan yang direncanakan yang sebelumnya udah dicocokan dulu dengan kontur yang ada. ohyaaa ... dalam pengerjaan kontur itu harus hati-hati loh yaaa ,,, salah skala, salah masukkan angka dalam pencarian titik koordinat maka wassalam-lah .. harus diulang lagi dari awal.

Kalau udah selesai kontur, udah selesai tikungan maka sekarang saatnya menggambar long section dan cross section secara aplikasi menggunakan AutoCAD, ini yang paling lelah, meskipun kita menggunakan aplikasi tetapi tetap terasa capeknya apalagi kalau cross sectionnya itu banyak sangat ... hummmm semangkaaa eh semangat maksudnya !!!. dalam penggambaran long section kita harus mencari titik elevasi asli dan menentukan titik elevasi rencana yang mana hal ini berkaitan dengan hal tanah timbunan dan tanah galian. jadi selain menggambar pada sesi ini kita juga harus mencari volume dari tanah timbunan dan tanah galian per cross section, bayangkan per cross section-nya !!! melelahkan ??? kalau cuma volumenya aja sih gag ,,, hahahahhahaha #pastitadimikirnyamelelahkan-iyakan??? karena kita menggunakan aplikasi AutoCAD jadi tinggal masukkan rumus cokeh-cokeh sikit gambarnya keluar deh volumenya gag susah kok, asal rajin aja buatnya ...

Setelah selesai itu semuanya, baru masuk dalam hal yang paling penting dalam desain jalan raya baru yaitu perencanaan lentur dan perencaan kaku untuk jalan raya yang didesain. Jadi, kalau dibilang perkerasan lentur itu maksudnya jalan itu lapisan atasnya adalah aspal, namun kalau perkerasan kaku lapisan atasnya itu beton.
Dan karena ini namanya pembelajaran, maka dalam perencanaan ini kedua perkerasan itu harus kita kerjakan, maksudnya direncanakan.

Dannnnn ... Alhamdulliah, tugas besar saya sudah selesai. kemarin sore akhirnya tertulis juga dilembaran asistensi saya " Selesai ... ACC Jilid ... " Alhamdullilah Ya Allah ... berkah ramadan ini, akhirnya semua usaha dan doa selama ini terbayar sudah, Alhamdullilah ....

Jangan takut untuk belajar, karena tanpa belajar kita gag penah tau mana yang salah dan mana yang benar. jangan pernah takut salah, karena tanpa tau salah kita gag pernah tau mana yang benar. jangan takut mencoba, lebih baik gagal daripada tidak pernah mencoba samasekali, dan yang terakhir itu jangan pernah takut capek, karena manisnya ilmu akan terasa diakhir perjuangan.

Salam Musafir Senja ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar